Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Wifi Repeater

Posted by

Cara Menjadikan Ponsel Android Sebagai Wifi Repeater - Pada kesempatan kali ini Catatan 27 akan memberikan tutorial yang mungkin akan berguna bagi para pembacanya. Yaitu menggunakan ponsel android sebagai repeater. Contoh kasusnya jika anda berada pada suatu tempat atau ruangan yang berada dalam area wifi dan tempat tersebut sangat luas, tentunya tidak semua bagian dapat menerima sinyal wifi yang maksimal. Dengan ponsel Android yang anda miliki, anda bisa memanfaatkannya menjadi wifi repeater. Sehingga sinyal wifi tersebut dapat terjangkau dan menyebar ke seluruh ruangan tanpa ada yang tidak kebagian sinyal wifi atau lemot pada saat mengakses internet.
Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Penguat Sinyal
Bagi anda yang belum tahu fungsi dari wifi repeater saya akan memberikan sekilas penjelasan nya terlebih dahulu. Repeater adalah suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal wifi yang belum terjangkau oleh Server atau Access Point (AP).Wifi Repeater Di Android adalah cara berkomunikasi dengan Access Point (AP) atau biasa umumnya disebut wireless router. Kemudian Repeater tersebut akan memancarkan kembali sinyal wifi yang didapatkan dari AP sehingga lebih luas jangkauannya.
Cukup bermanfaat bukan? Jika anda ingin melakukan hal tersebut, maka anda membutuhkan sebuah aplikasi penguat sinyal di android tambahan yang bernama "fqrouter2". Karena jika tanpa aplikasi ini, anda tidak dapat menjadikan hotspot untuk wifi. Contohnya saat anda menyalakan hotspot pada ponsel Android anda, maka secara otomatis akan mematikan wifi anda. Dengan aplikasi fqrouter2, perangkat android dapat menjadi wifi repeater tanpa mematikan jaringan wifi yang terpasang ke ponsel tersebut. Baca juga : cara memutuskan koneksi wifi orang lain di android.
Catatan : " Perlu diperhatikan, jika anda ingin menjadikan ponsel Android sebagai Wifi Repeater maka ponsel anda harus dalam keadaan sudah di Root".

Cara Membuat Wifi Repeater Di Android :

  • Download dan install aplikasi fqrouter2 di Playstore | Disini.
  • Lalu buka aplikasinya. Maka anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini. Klik Full Power.
    Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Penguat Sinyal
  • Aktifkan Wifi Repeater, lakukan scroll kebawah sampai anda menemukan Wifi Repeater. Lalu pada Config -> geser hingga tanda yang tadinya OFF menjadi ON.
    Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Penguat Sinyal
  • Selamat sekarang ponsel anda sudah bisa digunakan sebagai penguat sinyal (repeater).
  • Tetapi tunggu karena proses belum selesai, lakukan konfigurasi wifi dengan menentukan SSID dan Password.
    Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Penguat Sinyal
  • Lakukan tester dengan mengaktifkan Wifi pada umumnya. Kemudian tempatkan ponsel Androdi tersebut ke tempat yang terjangkau sinyal wifi. Lalu coba akses wifi tersebut.
    Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Penguat Sinyal
Demikian artikel kali ini tentang Tips Menjadikan Ponsel Android Sebagai Penguat Sinyal Wifi. Semoga bermanfaat bagi para pembacanya dan selamat mencoba.


Blog, Updated at: 16.39

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.