Tips Ampuh Menyelamatkan Ponsel Android Yang Terendam Air

Posted by

Cara Menyelamatkan Ponsel Android Yang Terendam Air - Pada malam hari ini Catatan 27 akan memberikan Tips dan Tutorial yang bermanfaat bagi pengguna ponsel Android. Mungkin beberapa pengguna Android ada yang pernah mengalami musibah ponsel terendam air, walaupun hal tersebut sangat dihindari bahkan jangan sampai terjadi. Tetapi ada manfaatnya jika anda mengetahuinya dan melakukan hal penting dengan cepat dan sigap jika ponsel anda terendam air, sehingga suatu saat informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat. Maka kali ini saya akan memberikan cara pertolongan pertama yang harus anda lakukan setelah ponsel anda terendam air.
Tips Ampuh Menyelamatkan Ponsel Android Yang Terendam Air
Walaupun saat ini sudah banyak ponsel yang tahan terhadap air, khususnya ponsel dari brand Sony, tetapi mungkin tidak semua pengguna menggunakan ponsel tersebut dikarenakan harganya juga masih mahal dan tidak semua kalangan sanggup membelinya. Maka dari itu tips kali ini bisa digunakan untuk semua kalangan.
Tentunya ketika ponsel jatuh kedalam air hal yang sangat dihindari adalah Kepanikan, karena jika anda panik maka itu bukanlah pertolongan pertama, yang harus anda lakukan pastinya mengambil ponsel tersebut dari dalam air. Meskipun ponsel terlihat tertutup rapat oleh casing, tetapi tetap saya air akan bisa masuk kerongga ponsel, maka cepatlah keluarkan ponsel dari air secepat mungkin. Jika ponsel masih dalam keadaan menyala maka matikan secepat mungkin, jika ponsel dalam keadaan mati buka casing lalu keringkan. Untuk lebih jelasnya berikut tahapan yang harus anda lakukan.

Pertolongan Pertama Ponsel/HP Yang Terendam Air :

  • Lepaskan bagian cover dan baterai
Hal ini bertujuan untuk mengeringkan dibagian dalam ponsel dan melepaskan baterai, karena meskipun ponsel dalam keadaan mati namun aliran listrik dari baterai masih mengalir dan menghindari terjadinya konsletting.
  • Keluarkan SIM Card dan Memori Card (MMC)
Terkadang banyak yang bilang bahwa Data-data, informasi penting, atau kontak telepon yang tersimpan pada kartu SIM lebih penting dari ponsel itu sendiri, maka untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan maka segera keluarkan kedua komponen tersebut.
  • Keringkan Ponsel
Keringkan ponsel menggunakan kain, handuk, atau bahkan jika punya vacuum cleaner. Karena vacuum cleaner adalah cara yang paling ampuh dan sangat cepat untuk mengeringkan ponsel. Jangan terlalu mengarahkan corong vacuum terlalu dekat dengan ponsel, karena dapat berakibat kelembaban. Jika anda sedang berada diluar rumah dapat menggunakan apapun yang bersifat bisa mengeringkan secara menyeluruh bagian luar dan dalam ponsel, mungkin bisa menggunakan baju dengan cara mengelapnya secara perlahan, tetapi usahakan mengelap mengelap sampai benar-benar kering.
  • Masukkan Ponsel Ke Wadah yang Berisi Beras atau Bisa Gunakan Silica Gel
    Tips Ampuh Menyelamatkan Ponsel Android Yang Terendam Air
Masukan ponsel kewadah yang berisi beras dan diamkan selama semalam atau bisa lebih lama lagi untuk menyerap kelembaban ponsel. Atau bisa dengan cara memasukan ponsel bersama silica gel ke dalam wadah yang tertutup rapat, agar lebih efektif menyerap kelembaban putarlah ponsel tiap beberapa jam sekali agar air dalam keluar melalui bawah.
  • Nyalakan ponsel
Setelah melakukan beberapa tahapan diatas, kini masuk kedalam tahap pengetesan, cobalah nyalakan ponsel dan lihat apakah ponsel menyala atau berfungsi dengan normal? Jika ponsel tidak menyala, coba hubungkan ke charger. Jika ponsel berhasil menyala dan lampu indikator menyala, kemungkinan baterai rusak dan harus diganti. Dan jika memungkinkan mintalah bantuan tenaga yang sudah professional untuk mengecek ponsel tersebut agar benar-benar bisa berfungsi dengan normal kembali. Jika gagal juga bawa segera ponsel tersebut ke Service Center atau toko service ponsel untuk mencari tahu apa yang terjadi dan mencari tahu penyebab alasan ponsel tidak bisa menyala.
Catatan : " Cara-cara diatas sudah teruji dan dibuktikan oleh beberapa teman saya yang mengalami ponsel terendam air, ada yang berhasil ada juga yang tidak. Dari informasi yang ponselnya gagal menyala dengan sempurna, dikarenakan ponsel tidak cepat-cepat dikeringkan pada saat kejadian sehingga air menyerap dan merusak komponen ponsel ".
Demikianlah artikel kali ini tentang Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Terendam Air. Semoga bermanfaat bagi para pembacanya dan menjadi wawasan yang berguna.


Blog, Updated at: 08.14

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.