Cara Mudah Menambah Kapasitas RAM Android Tanpa Root

Posted by

Cara Menambah Kapasitas RAM Ponsel/HP Android Tanpa Root - Setelah pada artikel sebelumnya Catatan 27 sudah memberikan tips mengatasi ram yang cepat penuh, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menambah kapasitas ram? Tentunya hal itu sangat dibutuhkan apalagi jika ponsel Andoid anda memiliki kapasitas ram yang sedikit, maka anda dibutuhkan sedikit usaha agar RAM pada ponsel anda walaupun kecil tetapi bisa maksimal dan tidak lemot. Apalagi sangat terasa apabila sedang bermain game atau membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, karena semakin banyak aplikasi yang anda buka atau berjalan maka RAM akan terus bekerja.
Cara Mudah Menambah Kapasitas RAM Android Tanpa Root
Sebenarnya tanpa anda sadari ketika ponsel anda dalam keadaan aktif, maka banyak proses yang berjalan tanpa anda ketahui dan anda sadari. Proses yang berjalan tersebut ada yang penting namun ada juga yang tidak butuhkan. Aplikasi yang tidak anda butuhkan tersebut juga mengkonsumsi RAM untuk bisa berjalan. Maka dari itu, anda dapat mematikan aplikasi-aplikasi tersebut yang tidak anda butuhkan, caranya masuk ke Pengaturan -> Manager Aplikasi -> Running. Maka akan terlihat aplikasi mana saja yang sedang berjalan. Lakukan "Stop" pada aplikasi yang menurut anda tidak penting agar RAM lebih lega.
Untuk dapat menambah kapasitas RAM pada ponsel Android, anda dapat menggunakan aplikasi yang bernama RAM Control eXtreme Lite, aplikasi ini dapat anda unduh secara gratis di Play Store dan seperti yang anda lihat pada judul artikel ini untuk dapat menggunakan aplikasi ini tidak dibutuhkan akses Root, jadi bagi anda yang belum melakukan akses Root tidak perlu ribet untuk melakukan Root terlebih dahulu.

Cara Menaikkan Kapasitas RAM Ponsel Android Tanpa Root :

  • Download RAM Control eXtreme Lite.
  • Setelah diinstall, lalu buka aplikasinya.
  • Kemudian anda arahkan ke fitur "RAM BOOSTER", pilih "BOOST RAM" untuk menaikkan kapasitas RAM. Pilih START pada Auto RAM Booster untuk mem-boost RAM ponsel anda beberapa waktu sekali. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar dibawah ini :
Cara Mudah Menambah Kapasitas RAM Android Tanpa Root
  • Dalam aplikasi ini juga anda bisa mengatur waktu "Auto RAM Booster" pada menu Setting.  Maksudnya aplikasi ini akan melakukan Boost pada RAM ponsel anda secara otomatis.
Cara Mudah Menambah Kapasitas RAM Android Tanpa Root
  • Kemudian sekarang anda masuk ke menu "TASK KILLER" untuk mematikan aplikasi yang tidak anda butuhkan atau inginkan. Anda juga bisa memasukkan aplikasi ke white list (daftar aplikasi yang tidak akan dimatikan). Jelasnya dapat melihat gambar dibawah ini :
Cara Mudah Menambah Kapasitas RAM Android Tanpa Root
Catatan : " Jika dengan melakukan cara ini masalah yang berkaitan dengan RAM masih muncul, cobalah untuk melakukan Root pada ponsel Android anda. Anda lebih bisa mengeksplorasi dengan menggunakan aplikasi seperti Xbooster dan RAM Manager untuk menambah kapasitas RAM, bahkan anda bisa membuat RAM tambahan dari memori eksternal ".
Demikian artikel kali ini tentang Cara Tambahkan Kapasitas RAM Smartphone Android Tanpa Root. Semoga bermanfaat bagi para pembacanya dan Selamat Mencoba.


Blog, Updated at: 20.35

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.