Tips Ampuh Mengatasi RAM Yang Cepat Penuh Di Android

Posted by

Tips Ampuh Mengatasi RAM Agar Tidak Cepat Penuh - Pada siang hari ini Catatan 27 akan berbagi bagaimana cara mengatasi ram yang cepat penuh. Setiap ponsel membuthkan RAM dalam melakukan aktifitasnya, sama halnya dengan sebuah komputer, saat ponsel android aktif maka ponsel akan menggunakan RAM dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang terinstall pada ponsel tersebut. Jika aplikasi memakan RAM secara berlebihan maka akan berdampak kinerja ponsel menjadi lambat saat digunakan dan RAM akan menjadi cepat penuh. Lalu apa penyebab RAM cepat penuh? Ada banyak kemungkinan yang bisa membuat RAM cepat penuh, salah satunya pemakaian aplikasi secara berlebihan. Untuk dapat melihat aplikasi mana saja yang memakan RAM banyak, anda dapat mengeceknya di Pengaturan, lalu masuk ke Manager Aplikasi. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat contoh kasusnya dibawah ini.
Tips Ampuh Mengatasi RAM Yang Cepat Penuh Di Android
Contoh kasus : "Ketika anda misalnya sedang membuka aplikasi BBM, disisi yang lain anda juga sedang membuka beberapa aplikasi seperti Facebook, Migme, Edmodo, atau aplikasi lainnya. Hal semacam inilah yang membuat RAM menjadi cepat penuh. Jika ponsel anda memiliki kapasitas RAM berukuran cukup besar, mungkin masalah tersebut bukan masalah, namun jika kapasitas RAM ponsel anda berukuran kecil hal ini akan menjadi masalah besar".

Banyak para pengguna Android yang mengeluhkan ponselnya lambat dan terkesan lag apalagi saat sedang bermain game, masalah tersebut sebenarnya bisa diatasi jika anda tahu solusinya. Maka dari itu kali ini saya akan berbagi Tips agar ponsel anda, apalagi untuk anda memiliki ponsel dengan kapasitas RAM yang kecil, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mengatasi RAM Android Yang Lemot/Lambat :


  • Matikan Aplikasi yang tidak perlu / tidak sedang digunakan.
Mematikan aplikasi-aplikasi yang sedang tidak digunakan berguna karena anda memang tidak sedang membutuhkan, jadi aplikasi ini terus berjalan walaupun anda tidak sedang menggunakannya. Caranya : Pengaturan -> Manager Aplikasi ->  lalu pilih -> Berjalan. Kemudian anda akan melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, anda hanya cukup buka aplikasi yang memakan RAM lumayan banyak dan kemudian klik Stop untuk mematikan aplikasinya.
  • XBooster
    Tips Ampuh Mengatasi RAM Yang Cepat Penuh Di Android
Anda dapat menggunakan aplikasi XBooster. Aplikasi ini dibuat oleh seorang member forum xda ber-username gagan.u20, dan aplikasi ini sudah banyak digunakan pada ROM-ROM xperia yang muncul kemudian. Namun saat ini, aplikasi ini sudah tersedia secara global untuk semua merk android (tidak hanya Xperia) dan membawa nama XBooster. Fungsi dari aplikasi ini adalah melakukkan boosting RAM android. Singkatnya, mirip dengan task killer namun lebih bagus dalam performanya.
Link : Download Xbooster via Play Store
  • Menggunakan Aplikasi RAM Manager
    Tips Ampuh Mengatasi RAM Yang Cepat Penuh Di Android
RAM Manager tersedia dalam versi gratis dan pro. Berfungsi untuk mengaktifkan profil tertentu untuk manajemen RAM android sesuai kebutuhan. Beberapa profil yang tersedia antara lain more free memory untuk memori bebas lebih banyak, balance for everyday using untuk kestabilan penggunaan setiap hari, multitasking mode untuk multitasking berat, sampai mode hard gaming untuk penggunaan game berat.
  • Menghapus Aplikasi yang Memakan RAM Besar
Cara terakhir ini mungkin lebih baik dilakukan, karena memang jika aplikasi tersebut tidak terlalu diperlukan, hanya akan membuat ponsel anda menadi lemot maka lebih baik dihapus. Anda bisa  memilih dan menghapus aplikasi yang tergolong memakan RAM besar.
Catatan : " Sebagai catatan, bahwa kedua cara diatas yang membutuhkan sebuah aplikasi mewajibkan ponsel anda memiliki akses Root untuk dapat melakukannya. ".
Demikian artikel kali ini tentang Cara Ampuh Mengatasi RAM Cepat Penuh Di Android. Semoga bermanfaat bagi para pembacanya dan Selamat mencoba.


Blog, Updated at: 23.42

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.