Tips Memperbaiki Smartphone Android Tidak Bisa Di Charger

Posted by

Tips Memperbaiki Smartphone Android Tidak Bisa Di Charger - Charging atau melakukan pengisian baterai merupakan hal yang wajib para pengguna smartphone lakukan agar ponselnya selalu menyala dan tidak lowbet, Maka dari itu jika proses charging tidak berfungsi sama saja anda memelihara ponsel rusak yang selalu anda bawa kemanapun. Banyak alasannya kenapa ponsel tidak bisa di charger, anda diwajibkan mengetahui semua kriteria tersebut agar agar anda mengetahui penyebab jika mengalami kejadian tersebut. Jika anda sudah mengetahuinya maka anda juga harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Baca Juga: Tips Menyelamatkan Ponsel Yang Terendam Air.
Tips Memperbaiki Smartphone Android Tidak Bisa Di Charger

Banyak beberapa teman saya mengalami kejadian tersebut, bahkan saya pun pernah mengalami HP Tidak Bisa di Charge, kebanyakan orang jika mengalami kejadian tersebut langsung buru-buru pergi ke toko handphone atau pergi ke tukang service handphone, padahal terlebih dahulu anda harus mencari tahu gejala yang menyebabkan itu terjadi. Penulis juga pernah mengalami sendiri ketika Samsung Galaxy Note 2 sangat lambat dalam pengisian baterai, tetapi ketika mengambil salah satu solusi dibawah ini maka masalah tersebut bisa diatasi.
Entah handphone android anda tidak mengecash sama sekali ketika dicolokkan ke listrik, atau dicolokkan tapi daya nya hilang tidak ter-charge, atau mengecas sangat lambat/slow charging, yang terkadang justru lebih cepat habisnya ketimbang di cas nya. Berikut ini adalah faktor-faktor ponsel android tidak mau di charger.

Penyebab HP Tidak Bisa Di Charger:

Perbaiki USB Port

Paling mudah dan paling sering berhasil, perbaiki hardware, yaitu metallic surface didalam USB Port dan Micro USB Charger, biasanya tidak ber-kontak dengan baik sehingga daya charge listrik handphone tidak masuk, biasanya karena terlalu sering colok cabut.
Tips Memperbaiki Smartphone Android Tidak Bisa Di Charger
Cara perbaikinya yaitu remove the battery if possible, gunakan sesuatu seperti Tusuk Gigi untuk memoncongkan / memunculkan kembali tonjolan didalam USB / Micro USB tersebut, then reinsert your battery and plug it in again. Nine times out of ten this is all that is required. Check the 'tab' inside your device's USB port - the cable may not be making contact properly.

Tukar Kabel Charger / Adapter

The flimsiest part of a charger is of course the cable, not the adapter that plugs into the wall socket. Jadi jika kamu punya masalah dengan hp kamu yang tidak mau di cas dan solusi pertama tidak berhasil, sepertinya kabel cesan kamu bermasalah. Ambil kabel USB Casan dari hp teman kamu untuk mengetes, jika handphone kamu mau mengecas kembali maka kamu perlu kabel USB baru untuk memperbaiki masalah charging baterai kamu.

Quite often the cable will fray inside because it is constantly being curled up, stood on or whatever. Rather than buy a complete new charger you may only need a new cable. Likewise, if the cable doesn't seem to be the problem, check the wall plug adapter, that may be the issue instead. Also, check the same charger/cable combination on a different device and see if it works normally. iPhone users have their work cut out for them with the incredibly flimsy Lightning Port charger.
Tips Memperbaiki Smartphone Android Tidak Bisa Di Charger

Bersihkan Perangkat Charge HP

Biasanya alasan perangkat tidak mengecas dengan baik adalah yang terjadi karena ada yang menghalangi di port konektor nya. ada nya debu di colokan USB dll sehingga mengganggu kinerja smartphone kamu.
Jadi pastikan tidak ada yang menghalangi, kotoran di dalam port smartphone atau micro USB port atau port adapter hp (or in the charging cable either). Of course, also make sure to never charge your phone near water or in excessively hot or humid conditions. Also, do not overcharge your device, charging overnight when your battery only needs 2-3 hours is a very bad idea and can lead to a battery exploding or damaging your phone.
Tips Memperbaiki Smartphone Android Tidak Bisa Di Charger

Replace the battery

Jika perangkat kamu sudah jadul / tua, perlu diperhatikan kondisi baterai, mungkin baterai mulai rusak, pastikan baterai tidak mengembung / baterai hamil / baterai buncit dan baterai tidak bocor. Jika iya, segera copot baterai dan buang untuk menghindari masalah pengkaratan.
Ganti baterai dengan yang original pabrik (manufacturer original or respected third party power source). Baterai baru seharusnya bisa dipakai sampai jangka waktu dua tahun sebelum dgant dengan yang baru. 
Tips Memperbaiki Smartphone Android Tidak Bisa Di Charger
Jika semua gagal, cek kembali apakah sumber daya listrik nya telah teraliri listrik. Demkian artikel kali ini tentang Cara Mengatasi Ponsel Android Yang Tidak Bisa Di Cas. Jika ada pertanyaan bisa ditanyakan pada kolom komentar dibawah artikel. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


Blog, Updated at: 01.50

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.