Tips Pengambilan Foto Malam Hari Di Smartphone Android

Posted by

Tips Memotret Malam Hari Di Ponsel Android - Melakukan pengambilan gambar pada malam hari mungkin bagi kebanyakan orang merupakan hal yang sangat indah. Seperti foto keramaian kota, gedung-gedung bertingkat, pesta tahun baru, dan lain sebagainya yang lebih indah jika dilakukan pada malam hari. Moment seperti itulah yang jarang sekali orang mau melewatkannya, dengan begitu moment tersebut bisa menjadi kenangan dimasa mendatang. Tetapi kendala yang umum terjadi saat melakukan pengambilan foto pada malam hari adalah gambar tersebut terkesan gelap, tidak jelas, dan lain sebagainya. Baca Juga : Cara Membuat Kamera Android Menjadi Scanner.
Tips Pengambilan Foto Malam Hari Di Smartphone Android
Kemampuan kamera Android memang tidak sebagus kamera DSLR atau kamera digital yang memiliki fitur setting manual, sehingga saat pengambilan gambar yang memiliki kondisi kurang cahaya, maka kamera tersebut masih bisa menghasilkan gambar yang berkualitas dengan sedikit settingan. Mungkin beberapa tips dibawah ini dapat membantu anda dalam pengambilan gambar pada saat malam hari.

Cara Cerdas Pengambilan Foto Di Malam Hari Dengan Smartphone Android :

  • Pegang smartphone yang kuat agar menghindari getaran

Teknik memotret yang paling utama terletak pada cara anda memegang ponsel Android kesayangan anda. Karena getaran akan membuat hasil foto tidak terfokus. Posisikan kaki Anda dengan tegap, buat diri senyaman mungkin. Baca Juga : Cara Membuat Object Menjadi Focus.

  • Gunakan Fitur Night Mode untuk mendapatkan hasil yang baik

Fitur Night Mode kebanyakan pasti ada di setiap kamera Android. Fitur ini dapat menaikkan level kecerahan pada foto sehingga gambar terlihat lebih terang. Ketika menggunakan Night Mode, pastikan Anda tidak bergerak beberapa saat pada waktu mengambil gambar agar foto tidak blur. Kelemahan menggunakan Night Mode, akan ada banyak noise pada gambar.
Untuk beberapa flagship Android saat ini rata-rata memiliki teknologi yang mumpuni pada sektor kamera seperti Exmor RS milik Sony Xperia Z yang dapat memotret pada kondisi minim cahaya dengan hasil foto yang cukup terang dan tentunya dengan noise yang sedikit.

  • Gunakan Timer untuk menghindari blur

Fitur timer jika diperhatikan sebetulnya memiliki manfaat yang cukup berguna. Fitur tersebut dapat menggantikan peran jari dalam meng-capture foto. Tidak jarang ketika jari bergerak menekan tombol / layar, kamera juga ikut bergerak karena tersentuh dan walhasil gambar menjadi blur. Dengan memakai timer, Anda cukup berpose serta menahan gerakan hingga count down selesai. Cukup atur timer selama 3 detik, jangan sampai melebihi itu karena dapat membuat Anda mati gaya.

  • Hindari Penggunaan Flash terlalu jauh dari objek

Pada umumnya flash yang ada pada kamera Android berjenis LED flash. Akan tetapi ada juga beberapa smartphone seperti Galaxy S4 Zoom dan Galaxy K Zoom yang menggunakan Xenon flash.
Kedua jenis flash tersebut tentu lah berbeda. Untuk LED flash, jarak jangkauan amannya hanya sekitar 2 meter. Selebihnya, mungkin obyek yang ingin Anda abadikan tidak nampak. Berbeda dengan Xenon flash yang dapat mengeluarkan cahaya lebih sehingga jarak obyek dengan kamera juga lebih jauh.
Tips Pengambilan Foto Malam Hari Di Smartphone Android
Demikian 4 Tips Foto Cerdas Malam Hari Menggunakan Ponsel Android agar hasil gambar sesuai dengan harapan. Semoga bermanfaat bagi para pembacanya dan selamat mencoba.


Blog, Updated at: 21.00

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.