Cara Mengatasi Error "Out Of Space" Di Smartphone Android

Posted by

Cara Mengatasi Error "Out Of Space" Di Android - Selamat siang para pembaca setia Catatan 27. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan solusi bagi anda yang pernah atau sedang mengalami out of space pada ponsel Android nya. Terlebih dahulu pengertian dari out of space adalah kemungkinan besar terjadi akibat sudah penuhnya penyimpanan internal atau ram pada ponsel Android anda, disana terdapat kata space atau ruang yang sudah tidak memadai lagi untuk dapat menginstall beberapa aplikasi baru dan berakibat gagal menginstall aplikasi tersebut. Bisa juga karena anda memaksa ponsel Andoid memasang apkikasi tertentu yang sebenarnya tidak compatible antara aplikasi tersebut dengan ponsel Android anda.
Cara Mengatasi Error "Out Of Space" Di Smartphone Android
Ketika anda mengalami Error, maka secara otomatis ponsel Android akan memberikan kotak pesan tanda peringatan seperti "insufficient storage available" atau "out of space" dengan ditambah kalimat lainnya yang tidak terbatas. Intinya pesan tersebut menunjukkan bahwa penyimpanan internal atau ram ponsel anda sudah tidak cukup untuk menampung lagi aplikasi yang akan anda install.

Faktor Penyebab Gagal Install Aplikasi Di Android :

  • Terlalu sering melakukan install aplikasi dan terlalu sering juga menghapus aplikasi. Jika hal seperti itu sering dilakukan maka dapat berakibat gagal install aplikasi baru. Alasannya karena setiap aplikasi yang terpasang dan terhapus akan meninggalkan "residual file" atau folder kosong yang mungkin tidak pernah anda hapus atau bersihkan sebelumnya.
  • OS Android atau Hardware tidak mendukung. Hal ini juga bisa jadi penyebab tidak bisa menginstall aplikasi baru apalagi aplikasi yang berbentuk .APK. Tempat yang paling aman untuk install aplikasi adalah di Playstore. Kenapa? Karena google secara otomatis sudah menyesuaikan versi dari setiap aplikasi yang cocok dan sesuai dengan ponsel Android anda.Anda juga bisa membaca | Solusi Playstore tidak bisa terbuka
  • Adanya aplikasi yang sedang berjalan di background. Maka ibaratnya aplikasi tersebut akan bertabrakan. Sebaiknya anda mengatur terlebih dahulu. Hal ini juga berakibat ponsel Android akan lemot.

Berikut Solusi Eror "Out Of Space" Di Android :

  • Reboot terlebih dahulu ponsel Andrid anda.
Dalam hal ini ibaratnya mengistirahatkan ponsel terlebih dahulu.Karena ponsel terus bekerja menjalankan aplikasi yang terus berjalan.
  • Clear Cache
Bersihkan cache atau file sampah yang tidak anda gunakan, karena hanya memakan space memory. Jika ada banyak maka akan banyak pula space memory yang dihasilkan file sampah tersebut.
Cara Mengatasi Error "Out Of Space" Di Smartphone Android
  • Uninstall Aplikasi
Hapus aplikasi yang menurut anda tidak pernah atau jarang anda gunakan. Jangan lupa hapus cache dan datanya.
  • Bersihkan Patch
Buka aplikasi Lucky Patcher, pilih menu Troubleshooting -> Remove Fixed and Backups. Cara ini akan menghapus semua Patch. Download aplikasi Lucky Patcher | Disini.
  • Pakai SD Maid
Jika masih gagal juga, coba dengan bantuan aplikasi SD Maid ini. Buka aplikasinya -> Corpsfinder -> Clear. Lalu pilih juga menu Clear System -> Clear. Lalu coba install kembali aplikasi yang tadi anda inginkan. Download aplikasi SD Maid | Disini.
Demikian artikel kali ini tentang Cara Mengatasi Error Out Of Space Di Android. Semoga bermanfaat bagi para pembacanya dan selamat mencoba.


Blog, Updated at: 21.40

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.