Cara Memindahkan Penyimpanan Internal Ke SDCard Di Xiaomi Redmi 1S

Posted by

Cara Memindahkan Penyimpanan Internal Ke SDCard Di Xiaomi Redmi 1S - Pada kesempatan kali ini Catatan 27 akan kembali berbagi tips untuk para pengguna Smartphone Xiaomi Redmi 1S. Setelah pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan tutorial Cara Root Dan UnRoot Xiaomi Redmi 1S. Para pengguna Smartphone Xiaomi Redmi 1S pasti sudah mengetahui bahwa ruang penyimpanan internal nya sebesar 8 GB, dengan internal segitu dirasa cukup untuk menaruh file dan aplikasi. Namun, masalahnya memori internal tersebut menjadi kurang optimal,karena secara otomatis hasil foto, galery, musik dan semua unduhan akan masuk kedalam memory internal. Belum lagi jika aplikasi yang anda unduh memiliki memori aplikasi yang cukup besar, sehingga membuat kinerja perangkat ini menjadi lambat dan tidak maksimal.
www.catatan-27.com
ROM MIUI Redmi 1S versi 36 stable kebawah, memori internal di set menjadi primary oleh system perangkat ini. Pada galeri dan musik Redmi 1S hanya dapat membaca file yang tersimpan pada internal yang kapasitasnya sekitar 8GB tersebut. Apabila pengguna Xiaomi Redmi 1S sedikit paham mengenai sistem Android, ada sebuah global ROM versi 37 yang pas untuk Redmi 1S yang dimana pada versi 37 ini terdapat fitur pilihan storage yang berfungsi menyimpan foto, galeri, dan musik di memori eksternal.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini Catatan 27 akan memberikan tips untuk Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke SDCard Redmi 1S. Ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah ROOT Smartphone Redmi anda. Bagi anda yang belum melakukan Root, anda dapat melakukannya Disini.
  • Setelah sudah di Root, aktifkan Root Permission dari aplikasi Security < Permission. Contohnya seperti gambar dibawah ini :
    Cara Memindahkan Penyimpanan Internal Ke SDCard Di Xiaomi Redmi 1S
  • Selanjutnya anda harus mengunduh WSM Manager dan XExtStorage lalu install, setelah diinstall "JANGAN DIBUKA DULU XExtStorage"
  • Buka WSM Manager.
  • Lalu klik tombol Install, ijinkan hak akses Root apabila muncul Prompt, setelah proses tersebut selesai kemudian pilih Reboot.
  • Selanjutnya Copy seluruh file yang terdapat pada folder Internal storage/Android/data/ ke SDCard/Android/data/ menggunakan Explorer bawaan. Apabila folder Android/data/ belum terdapat pada SDCard, silahkan anda buat sendiri.
    Cara Memindahkan Penyimpanan Internal Ke SDCard Di Xiaomi Redmi 1S
  • Selanjutnya buka WSM Manager lagi
  • Lalu aktifkan module XExtStorage
  • Dan Reboot perangkat anda.
    Cara Memindahkan Penyimpanan Internal Ke SDCard Di Xiaomi Redmi 1S
  • Berikutnya buka XExtStorage
  • Ganti primary SDCard menjadi /storage/sdcard1/ dan secondary SDCard /storage/sdcard0/
  • Selesai
  • Sampai tahap berikut ini, file yang berada di Internal storage/Android/data/ dapat anda hapus.
    Cara Memindahkan Penyimpanan Internal Ke SDCard Di Xiaomi Redmi 1S

Catatan : "Apabila ada aplikasi yang rusak atau tidak dapat terbuka, silahkan buka Menu App Blacklist dan kemudian tambahkan aplikasi yang rusak tersebut lalu reboot lagi perangkat anda".

Demikian artikel dari Catatan 27 kali ini yang merupakan terusan dari artikel sebelumnya yang masih tentang Smartphone Xiaomi Redmi 1S. Terima Kasih sudah membaca artikel Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke SDCard Pada Xiaomi Redmi 1S, Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.


Blog, Updated at: 00.24

2 komentar:

  1. sorry bang, kok ane kagak bisa install wsm manager sama xextstorage nya ya?? katanya out of space. trus udah ane check, ke manage apps, udah di scan dan ngga ada masalah. itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan saya baru coba, masalah "out of space" itu karena penyimpanan internal ponsel agan lumayan penuh. caranya agan bisa menghapus cache pada beberapa aplikasi terlebih dahulu. Terus coba lagi. terima kasih

      Hapus

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.