Cara Memasang Aplikasi Play Store Di Nokia X, X+, XL

Posted by

Cara Memasang Aplikasi Play Store Di Nokia X, X+, XL - Pada kesempatan kali ini Catatan 27 akan melanjutkan pembahasan tentang Nokia X Series. Setelah pada artikel sebelumnya sudah membahas tentang Root Nokia X Series. Maka pada kesempatan kali ini akan membahas tutorial lengkap install aplikasi Google Play Store. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya di artikel root Nokia X series bahwa Nokia X sangat anti untuk menggunakan produk dari Google, tetapi banyak pengguna Nokia X Series yang mengeluhkan tidak adanya Play Store, walaupun Nokia memiliki aplikasi yang menyerupai Play Store yang bernama Nokia Store tetapi para pengguna merasa aplikasi yang ada di Nokia Store kurang lengkap dan lebih banyak yang berbayar.
Cara Memasang Aplikasi Play Store Di Nokia X, X+, XL
Untuk dapat memasang aplikasi Play Store Di Nokia X Series, ada syarat yang harus anda penuhi terlebih dahulu, yaitu :

  • Nokia X Series anda harus sudah dalam keadaan Root, bagi yang belum melakukan Root, silahkan baca Cara Root Nokia X, X+, XL terlebih dahulu.
  • Bagi yang sudah melakukan akses Root, selanjutnya anda siapkan bahan-bahan yang diperlukan, anda dapat mengambilnya dari laman NDTV Gadgets, Anda bisa mengunduh bahan yang diperlukan melalui halaman tersebut.
Setelah syarat di atas sudah terpenuhi, maka anda sudah bisa mengikuti tutorial memasang aplikasi Play Store di Nokia X Series berikut ini :
  • Pertama, unduh apk dari Google Apps dari laman tersebut di atas. Untuk menginstal setiap aplikasinya Anda harus mengekstrak file tersebut. Gunakan sebuah file manager, gunakan file manager X-plore File Manager unduh terlebih dahulu Disini. yang mampu mengakses root system, misalnya Root Explorer. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini :
Cara Memasang Aplikasi Play Store di Nokia X, X+ & XL
Root Explorer (gadgets.ndtv.com)

  • Buka Root Explorer yang sudah diunduh di NDTV tadi dan buka folder tempat hasi unduhan Google Apps tadi, pilih semua file apk, pilih menu Extract All. File yang telah berhasil diekstrak otomatis akan disimpan di dalam folder SpeedSoftware di kartu SD.
  • Kemudian, semua file hasil ektrak itu harus dipindahkan ke folder /system/apps pada Nokia X Anda. Caranya masih menggunakan Root Explorer, pilih semua apk dari folder 'SpeedSoftware' lalu menu Copy/Cut, dan buka folder /system/apps diikuti tekan menu Paste.
  • Selanjutnya anda harus mengubah hak akses (permission) dari semua file apk tadi. Caranya, pilih semua (atau: satu per satu) apk lalu buka menu Permission, pastikan pada kotak centang Owner, Group dan Other harus Read Only, dan tambahkan centang pada Write hanya pada kotak Owner. Tutup Root Explorer dan Reboot Nokia X anda.
  • Setelah selesai Reboot jika Sukses, buka menu aplikasi di Nokia X Series, maka sudah muncul ikon-ikon dari Google Apps seperti Play Store, GMail, Hangout dan lainnya.
  • Selamat, Nokia X anda sudah berhasil memasang produk-produk dari Google. Sekarang anda bisa men-download aplikasi android melalui Play Store.
Cara Memasang Aplikasi Play Store Di Nokia X, X+, XL

Demikian artikel kali ini tentang Cara Memasang Aplikasi Play Store Di Nokia X Series. Semoga bermanfaat bagi para pembacanya dan Selamat mencoba.


Blog, Updated at: 20.27

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.